Kamis, 03 Januari 2008

Video Pembelajaran Agama Buddha

Video Pembelajaran Agama Buddha

Dalam hal Pendidikan, Agama Buddha memang cukup mantap, karena di daerah banyak sudah yang menggunakan media - media yang cukup praktis untuk mentranfer ilmu hingga sampai pada benak siswa. Diantaranya mereka ada yang menggunakan pohon Dharma, Diskusi Dharma, Ceramah Dharma, dan lain-lain.
Tetapi dalam hal ini kiranya kurang mantap lagi kalau memang belum ada suatu media yang menggunakan Multimedia, seperti adanya CD Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha. Menurut saya sebagai Guru Agama Buddha, adanya CD Pembelajaran itu memang sangat diperlukan saat ini. Apakah memang tidak adanya kwalitas umat Buddha yang mengarah ke hal itu, atau memang belum tergerak hatinya menuju ke hal itu, saya sendiri kurang paham. Tetapi yang jelas Pendidikan Agama Buddha di Indonesia sudah cukup maju. Mudah-mudahan pada tahun berikutnya para simpatisan Pendidikan ataupun Pemerintah mau memperhatikan masalah seperti ini.

3 komentar:

Ali Sasana Putra mengatakan...

Namo Buddhaya

Saya pikir kalau kita sebagai pengajar agama Buddha hanya menunggu dan menunggu kayaknya kita akan kecewa. Maksud saya kita dapat memakai film atau video dari kreatifitas kita sendiri dengan membuat metode pembelajaran tentang sandiwara di kelas bersama siswa-siswi kita. atau kita dapat menyetel film umum, selanjutnya kita aflikasikan kepada siswa-siswi mengenai moral value di Buddhis gitu.

Semoga bermamnfaat

Sadhu...

Sasana Kumaro mengatakan...

tentang pembuatan media audio visual bagus mas, masalahnya kalau hanya diserahkan pada para guru, maaf saya sendiri belum mampu untuk membuatnya, sumber daya manusia kita masih tertinggal mas, kalau menurut saya, jika mas guru bisa, koordinasi dengan depag pusat agar diperbanyak atau mas cetak sendiri kemudian kita beli. maka pendidikan agama Buddha semakin maju, ya to mas.
dari saya: Saring Santosa. JAMBI.

Unknown mengatakan...

Teman teman, silahkan bisa cari inspirasi dengan melihat video ini :
http://widiastiyono.blogspot.com/2014/09/video-pembelajaran-pendidikan-agama.html